SEKILAS INFO
29-06-2022
  • 2 minggu yang lalu / PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU T.A 2022/2023
  • 9 bulan yang lalu / Pelaksanaan Vaksinasi di SMPN 21 Batang Hari
28
May 2022
0
Publikasi Praktik Baik Pembelajaran Guru Di Web Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kab. Batang Hari

Yups, hari ini saya bersama anak-anak kembali melakukan aktivitas belajar dari rumah. Pembelajaran hari ini saya mencoba memberikan pengalaman baru bagi peserta didik. Secara daring saya mengajak anak anak untuk meng-eksplor beberapa aplikasi dalam pemebelajaran bahasa inggris, describing people. Tujuannya adalah setelah mengikuti aktivitas pembelajaran, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan seseorang, idola nya, dalam bahasa inggris.

Kami menggunakan empat aplikasi dalam pembelajaran hari ini, diantaranya WAG, Google meet, Learningapps, dan Padlet.
Langkah awal yang saya lakukan adalah dengan mengaktifkan siswa di grup WA yang sudah saya mulai dari kemarin malam, dengan menginformasikan kepada mereka bahwa kelas bahasa inggris akan kembali dilakukan secara BDR dengan melakukan pembelajaran tatap maya.

Pagipun menjelang, saya bergegas menuju sekolah untuk memberikan pembelajaran tatap maya. Sekolah kami memfasilitasi jaringan internet yang memadai untuk melakukan video conference. Sehingga pembelajaran jarak jauh akan berlangsung dengan maksimal.

Sekarang saya sudah berada di ruangan Laboratorium Komputer, saya hidupkan komputer, dan mulai berselancar, mengaktifkan akun google, membuka rapat instand google meet, kemudian mengirim tautan untuk bergabung ke google meet kepada peserta didik saya melaui WAG.

Waktupun berjalan dengan cepat, pesertapun sudah mulai berdatangan masuk ke ruang virtual. Pukul 8 saya mulai pembelajarannya.

Pembelajaran diawali dengan menyapa siswa, salam, berdoa dan mengecek kehadiran siswa dengan cara siswa mengetikkan nama dan kelas di kolom chat.

Interaksi dengan siswapun mulai terjalin, saya melakukan apersepsi terkait pembelajaran descriptive text, unsur kebahasaan, Present tense.
masuk kekegiatan pertama saya mengajak peserta didik untuk melengkapi teks rumpang, dengan memanfaatkan www.LearningApps.com. siswa diminta untuk memilih kata kerja yang tepat sesuai dengan konteks.

lebih kurang selama lima menit berlalu, saya bersama siswa mendiskusikan hasil kerja mereka sekaligus mengidentifikasi struktur dan unsur bahasa teks tersebut.

kegiatan selanjutnya peserta didik menulis deskripsi singkat tentang idola nya sekaligus memposting photo idolanya di dinding Padlet yang sudah saya bagikan kepada siswa link nya.

Beragam hasil karya siswa yang sudah masuk ke dinding padlet saya di www.padlet.com walaupun tidak semua hasil karya siswa secara tertulis benar. saya merasa senang hari ini bisa memberikan pengalaman belajar baru kepada siswa saya. Belajar bahasa dengan lintas Aplikasi.

*Guru SMP Negeri 21 Batang Hari, Fasda Tanoto Foundation

Oleh: Dedi Hendriyanto, S.Pd*

Source : Publikasi Praktik Baik Pembelajaran Guru Di Web Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kab. Batang Hari

 

9 − six =

Data Sekolah

SMPN 21 BATANG HARI

NPSN : 10500254

Jln. Jend. Sudirman Km. 3 Muara Bulian
KEC. Muara Bulian
KAB. Batang Hari
PROV. Jambi
KODE POS 36613